Project Game : AEROS ADVENTURE GAME
AMELLIA 50413790
NURAYA
AYU AOCKTABELLA 56413641
REZA WISNU WARDHANA 57413521
3IA12
Tentang
Game
Initial State :
Game AeroS
Adventure merupakan game yang dibuat dengan menggunakan software blender,
didalam game ini objek yang sangat penting adalah labirin atau maze. Pada tampilan menu terdapat 2
pilihan:
·
Menu “Play” : Berfungsi untuk masuk ke tampilan
game play dimana kita dapat memulai permainan tersebut.
·
Menu “Exit” : Mengakhiri permainan.
Aturan main(rules) game Tembak Kaleng sebagai
berikut :
·
Player harus mendapatkan point
sebanyak-banyaknya
·
Player dibatasi waktu 30 detik untuk
mendapatkan point
·
Player harus melewati dan menghindari
musuh dihadapannya
Goals :
Untuk menyelesaikan game, pemain harus
mendapatkan point atau score sebanyak mungkin dengan waktu yang terbatas, jika
goal terpenuhi maka akan muncul scene Success,
namun jika player dikalahkan oleh mush atau mendapatkan poin yang tidak
cukup maka akan muncul scene Failure.
Proses
pembuatan :
Disini kami
membuat 2 buah tombol yang terdiri dari Play dan Exit.
Gambar
1. Scene awal game
Cara membuatnya
pertama-tama, buat sebuah scene baru.
Lalu tekan
Shift+S, dan pilih cursor to center supaya cursor berada ditengah. Selanjutnya
kita akan menambahkan sebuah camera dengan cara menekan Shift + A lalu pilih
camera. Jika sudah kita akan atur rotation pada kamera menjadi X=0, Y=0, dan
Z=0 pada sebelah kanan layar (tekan N), dan juga ganti Z lokasi disesuaikan.
Kemudian tambahkan
3 buah plane dan 2buah text hinga menjadi seperti gambar diatas, dan jangan
lupa untuk member jarak antara plane dan juga text. Jika sudah jangan lupa
untuk mengkonversi bentuk objek Text dari curve menjadi bentuk mesh dengan
cara, select objek Play, tekan Alt+C pada keyboard lalu pilih “Mesh from
Curve”.
==================================================================
Kemudian kita akan
membuat scene Success dan Falilure.
Gambar
2. Scene success Gambar 3. Scene
Failure
Cara membuatnya
sama seperti membuat scene menu.
==================================================================
Selanjutnya
membuat arena game seperti LA yang pernah dibuat sebelumnya. Contohnya seperti
berikut. Buat plane yang telah di extrude sebagai labirinnya dan sudah
diberikan navigation mesh, lalu tambahkan objek cylinder untuk baterai, 2 buah
cube untuk 2 robot, 1 buah sphere untuk pesawatnya, objek text sebagai
waktunya, dan objek empy sebagai poinnya.
Gambar
4. Tampilan labirin game
Gambar
5. Pembuatan objek kaleng
Gambar
6. Perancangan objek aeros tahap 1
Gambar
7. Perancangan objek aeros tahap 2
Gambar
8. Perancangan objek pesawat
Gambar
9. Perancangan objek scores
==================================================================
Selanjutnya
tambahkan objek-objek dalam game Tembak Kaleng tersebut.
Gambar
10. Tampilan scene setelah ditambahkan objek kaleng
Jika sudah selanjutnya
tambahkan Logic Editor pada objek.
Gambar
11. Logic editor objek
Gambar
12. Logic Editor pada robot 2
Gambar
13. Logic Editor pada pesawat
Gambar
14. Logic Editor pada baterai
Gambar
15. Logic Editor pada waktu
Gambar
16. Logic Editor pada poin
System Requirement :
Operating System :
·
Windows XP, Vista or 7
·
Mac OS X 10.5 and later
·
Linux
·
FreeBSD
Minimal
specs for Hardware :
·
1 GHZ Single Core CPU
·
512 MB RAM
·
1024 x 768 px Display with 16 bit color
·
3 Button Mouse
Komentar
Posting Komentar