Project Game : AEROS ADVENTURE GAME

AMELLIA 50413790
KAMALUDIN 54413756

NURAYA AYU AOCKTABELLA 56413641

REZA WISNU WARDHANA 57413521

 

3IA12


Tentang Game
Initial State :
Game AeroS Adventure merupakan game yang dibuat dengan menggunakan software blender, didalam game ini objek yang sangat penting adalah labirin atau maze. Pada tampilan menu terdapat 2 pilihan:
·         Menu “Play” : Berfungsi untuk masuk ke tampilan game play dimana kita dapat memulai permainan tersebut.
·         Menu “Exit” : Mengakhiri permainan.
Aturan main(rules) game Tembak Kaleng sebagai berikut :
·         Player harus mendapatkan point sebanyak-banyaknya
·         Player dibatasi waktu 30 detik untuk mendapatkan point
·         Player harus melewati dan menghindari musuh dihadapannya
Goals :
Untuk menyelesaikan game, pemain harus mendapatkan point atau score sebanyak mungkin dengan waktu yang terbatas, jika goal terpenuhi maka akan muncul scene Success, namun jika player dikalahkan oleh mush atau mendapatkan poin yang tidak cukup maka akan muncul scene Failure.
Proses pembuatan :
Disini kami membuat 2 buah tombol yang terdiri dari Play dan Exit.
Gambar 1. Scene awal game

Cara membuatnya pertama-tama, buat sebuah scene baru.
Lalu tekan Shift+S, dan pilih cursor to center supaya cursor berada ditengah. Selanjutnya kita akan menambahkan sebuah camera dengan cara menekan Shift + A lalu pilih camera. Jika sudah kita akan atur rotation pada kamera menjadi X=0, Y=0, dan Z=0 pada sebelah kanan layar (tekan N), dan juga ganti Z lokasi disesuaikan.
Kemudian tambahkan 3 buah plane dan 2buah text hinga menjadi seperti gambar diatas, dan jangan lupa untuk member jarak antara plane dan juga text. Jika sudah jangan lupa untuk mengkonversi bentuk objek Text dari curve menjadi bentuk mesh dengan cara, select objek Play, tekan Alt+C pada keyboard lalu pilih “Mesh from Curve”.
==================================================================
Kemudian kita akan membuat scene Success dan Falilure.
  
Gambar 2. Scene success        Gambar 3. Scene Failure
Cara membuatnya sama seperti membuat scene menu.
==================================================================
Selanjutnya membuat arena game seperti LA yang pernah dibuat sebelumnya. Contohnya seperti berikut. Buat plane yang telah di extrude sebagai labirinnya dan sudah diberikan navigation mesh, lalu tambahkan objek cylinder untuk baterai, 2 buah cube untuk 2 robot, 1 buah sphere untuk pesawatnya, objek text sebagai waktunya, dan objek empy sebagai poinnya.
Gambar 4. Tampilan labirin game
Gambar 5. Pembuatan objek kaleng

 
Gambar 6. Perancangan objek aeros tahap 1
Gambar 7. Perancangan objek aeros tahap 2
Gambar 8. Perancangan objek pesawat
Gambar 9. Perancangan objek scores
==================================================================
Selanjutnya tambahkan objek-objek dalam game Tembak Kaleng tersebut.
Gambar 10. Tampilan scene setelah ditambahkan objek kaleng
Jika sudah selanjutnya tambahkan Logic Editor pada objek.
Gambar 11. Logic editor objek
Gambar 12. Logic Editor pada robot 2
Gambar 13. Logic Editor pada pesawat
Gambar 14. Logic Editor pada baterai
Gambar 15. Logic Editor pada waktu
Gambar 16. Logic Editor pada poin
System Requirement :
Operating System :
·         Windows XP, Vista or 7
·         Mac OS X 10.5 and later
·         Linux
·         FreeBSD
Minimal specs for Hardware :
·         1 GHZ Single Core CPU
·         512 MB RAM
·         1024 x 768 px Display with 16 bit color
·         3 Button Mouse




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Manusia dan Peradaban

Pergerakan Kehidupan

Makalah Manusia dan Keindahan