Bisnis Informatika

Pengantar Bisnis Informatika
Tugas 1
NPM   : 56413641
Nama   : Nuraya Ayu Ocktabella
Kelas   : 4IA12

A.      Definisi Mengenai :
1.         Bisnis
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris “Business” dari kata dasar “Busy” yang berarti sibuk, dalam konteks individu, komunitas atau masyarakat. Sibuk dalam artian disini mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.  (https://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis)
Jadi, bisnis merupakan kegiatan  yang dilakukan oleh individu, organisasi maupun komunitas baik instansi pemerintah atau pihak swasta yang dapat menghasilkan profit atau keuntungan untuk meningkatkan kesejahteraan bagi pemilik ataupun orang yang bekerja di dalamnya.
2.         Teknologi Informasi Komunikasi atau TIK
TIK terdiri dari dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi dan pengelolaan informasi. Sedangkan Teknologi Komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu Teknologi Informasi Komunikasi mengandung artian luas yaitu, segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. (https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_Informasi_Komunikasi)
Jadi, Teknologi Informasi Komunikasi adalah alat bantu yang memberikan kemudahan aktivitas manusia dalam mencari, memperoleh dan memproses informasi dengan adanya media komunikasi.
3.         Bisnis Informatika
Bisnis Informatika penggabungan dari kata bisnis dan informatika. Bisnis sendiri merupakan suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan laba. Dan Infromatika berkaitan dengan teknologi infomasi, alat yang membantu dalam mendapatkan dan pemrosesan informasi. (http://cholib12.blogspot.co.id/2015/10/pengertian-bisnis-informatika.html)
Jadi, Bisnis Informatika yaitu kegiatan yang mendatangkan laba/ profit/ keuntungan dengan bantuan teknologi informasi dalam menyebarkan informasi bisnis yang sedang dijalankan.


B.       Bisnis E-Commerce
E-Commerce atau perdagangan elektronik adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internetatau televisi, www atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik sistem manajemen inventori otomatis dan sistem pengumpulan data otomatis. 
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-business yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti transfer dana secara elektronik, SCM (Supply Chain Management), pemasaran elektronik (e-marketing) atau pemasaran online, pemrosesan transaksi online, pertukaran data elektronik (electronic data interchange/ EDI), dan lain-lain.
E-commerce dapat menjadi bisnis yang menjanjikan di Indonesia. Hal ini tak lepas dari potensi berupa jumlah masyarakat yang besar dan adanya jarak fisik yang jauh sehingga e-commerce dapat dimanfaat dengan maksimal. Sayangnya infrastruktur telekomunikasi yang tidak merata di daerah -daerah lainya membuat e-commerce tidak begitu maksimal. (https://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik)
Bisnis e-commerce yang saya pilih adalah OLX Indonesia.
Olx Indonesia semula bernama tokobagus.com. situs jual beli ini didirikan pada tahun 2005. Olx Indonesia adalah tempat untuk mencari barang baru atau bekas berkualitas seperti produk elektronik, otomotif, rumah, peralatan rumah tangga, aneka jasa dan juga lowongan kerja.
Pada situs ini, untuk pasang iklan gratis merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh Olx Indonesia untuk para penjual. Dlam melakukan transaksi baik penjual maupun pembeli tidak dikenakan biaya. Olx Indonesia memiliki slogan “Cara Tepat Jual Cepat”. (https://id.wikipedia.org/wiki/OLX_Indonesia)
Komentar pribadi mengenai kelebihan dan kekurangan dari situs Olx.com adalah :
Kelebihan
Kekurangan
1.      Adanya kemudahan, kepraktisan dan cepat bagi pembeli maupun penjual barang di situs Olx.com
1.Tidak adanya kolom komentar di dalam iklan barang yang dipasang. Akan membantu sekali jika pembeli dapat memberikan feedback (positif maupun negatif) ke penjualnya dengan menuliskannya secara langsung di kolom komentar
2.      Tampilan yang simple dan mudah digunakan
2.Ketika baru memasang iklan bingung, apa iklannya sudah aktif atau belum
3.      Olx.com terdapat fitur edit (mengubah harga, kalimat iklan, dll) iklan terhadap produk yang telah ditayangkan.
3.Setelah mendaftar atau membuat akun, akan banyak pemberitahuan promo yang masuk ke email


C.       Perkembangan Bisnis Infromatika di Indonesia dan Dunia
Perkembangan bisnis informatika di Indonesia menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan, mengingat kebutuhan dalam bidang teknologi dan informsai yang sangat besar dari tahun ke tahun. Bisnis informatika ini dapat menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan potensi kedepannya. Namun hal ini juga harus didukung oleh sumber daya yang berkualitas, melihat kualitas teknologi informasi dan komputer yang dituntut semakin baik setiap saatnya.
Kehadiran  teknologi informasi mulai disadari dapat menghadirkan berbagai solusi yang dapat membantu proses bisnis yang ada dan mengoptimalakan efisiensi solusi yang dapat membantu proses bisnis berbasis teknologi informasi. Perkembangan teknologi informasi telah berkembang luar biasa hebatnya baik dari sisi perangkat keras, perangkat lunak atau sumber daya manusia yang mendayagunakannya.
Kemujuan teknologi informasi dalam mengembangkan bisnis di dunia informatika tidak terlepas dari internet yang tidak mengenal adanya batas jarak, ruang maupun waktu. Ketika  menggunakan internet maka kita dapat mencari informasi kapan saja dan dimana pun kita  berada. Maka dari itu banyak orang (individu) maupun perusahaan yang memanfaatkan internet sebagai ladang bisnis, dari menjual jasa, penjualan dan pembelian produk bahkan pemasaran suatu produkn perusahaan.
Ketika kehadiran internet semakin pesat, hadir pula sebuah ruang  yang disebut media sosial yang dapat diguanakan sebagai media penjualan, promosi maupun membeli sebuah produk melalui media sosial tersebut.  Penggunan media sosial yang semakin populer maka memunculkan bisnis yang berkembang secara online. Munculnya smartphone membuat bisnis yang dulunya hanya secara offline kini menggeliat secara online. Banyak pelaku bisnis yang juga memanfaatkan perkembangan bisnis secara online karena mereka dapat menggunakan teknologi sebagai salah satu media untuk berpromosi  dengan biaya yang dapat diminimalkan atau sebagai lahan bisnis itu sendiri. Dan salah satu masalah paling besar dalam dunia bisnis adalah proses perizinan yang dapat memakan waktu yang lama serta berbiaya mahal. Mungkin hal tersebut membuat bisnis secara online lebih berkembang sekarang ini.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Manusia dan Peradaban

Pergerakan Kehidupan

Makalah Manusia dan Keindahan