Bisnis Informatika
Pengantar Bisnis Informatika
Tugas 1
NPM : 56413641
Nama : Nuraya Ayu Ocktabella
Kelas
: 4IA12
A. Definisi
Mengenai :
1.
Bisnis
Bisnis adalah suatu
organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan
laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris “Business” dari kata
dasar “Busy” yang berarti sibuk, dalam konteks individu, komunitas atau
masyarakat. Sibuk dalam artian disini mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang
mendatangkan keuntungan. (https://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis)
Jadi, bisnis merupakan
kegiatan yang dilakukan oleh individu,
organisasi maupun komunitas baik instansi pemerintah atau pihak swasta yang
dapat menghasilkan profit atau keuntungan untuk meningkatkan kesejahteraan bagi
pemilik ataupun orang yang bekerja di dalamnya.
2.
Teknologi Informasi Komunikasi atau TIK
TIK terdiri dari dua
aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi
meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat
bantu, manipulasi dan pengelolaan informasi. Sedangkan Teknologi Komunikasi
adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan alat bantu untuk memproses dan
mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu Teknologi
Informasi Komunikasi mengandung artian luas yaitu, segala kegiatan yang terkait
dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. (https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_Informasi_Komunikasi)
Jadi, Teknologi Informasi
Komunikasi adalah alat bantu yang memberikan kemudahan aktivitas manusia dalam
mencari, memperoleh dan memproses informasi dengan adanya media komunikasi.
3.
Bisnis Informatika
Bisnis Informatika
penggabungan dari kata bisnis dan informatika. Bisnis sendiri merupakan suatu
organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan
laba. Dan Infromatika berkaitan dengan teknologi infomasi, alat yang membantu
dalam mendapatkan dan pemrosesan informasi. (http://cholib12.blogspot.co.id/2015/10/pengertian-bisnis-informatika.html)
Jadi, Bisnis Informatika
yaitu kegiatan yang mendatangkan laba/ profit/ keuntungan dengan bantuan
teknologi informasi dalam menyebarkan informasi bisnis yang sedang dijalankan.
B. Bisnis
E-Commerce
E-Commerce
atau perdagangan elektronik adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran
barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internetatau televisi, www
atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana
elektronik, pertukaran data elektronik sistem manajemen inventori otomatis dan
sistem pengumpulan data otomatis.
Industri
teknologi informasi melihat kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dan
penerapan dari e-business yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti
transfer dana secara elektronik, SCM (Supply Chain Management), pemasaran
elektronik (e-marketing) atau pemasaran online, pemrosesan transaksi online,
pertukaran data elektronik (electronic data interchange/ EDI), dan lain-lain.
E-commerce
dapat menjadi bisnis yang menjanjikan di Indonesia. Hal ini tak lepas dari
potensi berupa jumlah masyarakat yang besar dan adanya jarak fisik yang jauh
sehingga e-commerce dapat dimanfaat dengan maksimal. Sayangnya infrastruktur
telekomunikasi yang tidak merata di daerah -daerah lainya membuat e-commerce
tidak begitu maksimal. (https://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik)
Bisnis e-commerce yang
saya pilih adalah OLX Indonesia.
Olx
Indonesia semula bernama tokobagus.com. situs jual beli ini didirikan pada
tahun 2005. Olx Indonesia adalah tempat untuk mencari barang baru atau bekas
berkualitas seperti produk elektronik, otomotif, rumah, peralatan rumah tangga,
aneka jasa dan juga lowongan kerja.
Pada situs ini,
untuk pasang iklan gratis merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh Olx
Indonesia untuk para penjual. Dlam melakukan transaksi baik penjual maupun
pembeli tidak dikenakan biaya. Olx Indonesia memiliki slogan “Cara Tepat Jual
Cepat”. (https://id.wikipedia.org/wiki/OLX_Indonesia)
Komentar
pribadi mengenai kelebihan dan kekurangan dari situs Olx.com adalah :
Kelebihan
|
Kekurangan
|
1. Adanya
kemudahan, kepraktisan dan cepat bagi pembeli maupun penjual barang di situs
Olx.com
|
1.Tidak adanya kolom komentar di dalam
iklan barang yang dipasang. Akan membantu sekali jika pembeli dapat
memberikan feedback (positif maupun negatif) ke penjualnya dengan
menuliskannya secara langsung di kolom komentar
|
2. Tampilan
yang simple dan mudah digunakan
|
2.Ketika baru memasang iklan bingung,
apa iklannya sudah aktif atau belum
|
3. Olx.com
terdapat fitur edit (mengubah harga, kalimat iklan, dll) iklan terhadap
produk yang telah ditayangkan.
|
3.Setelah
mendaftar atau membuat akun, akan banyak pemberitahuan promo yang masuk ke email
|
C. Perkembangan
Bisnis Infromatika di Indonesia dan Dunia
Perkembangan
bisnis informatika di Indonesia menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan,
mengingat kebutuhan dalam bidang teknologi dan informsai yang sangat besar dari
tahun ke tahun. Bisnis informatika ini dapat menjadi salah satu bisnis yang
menjanjikan potensi kedepannya. Namun hal ini juga harus didukung oleh sumber
daya yang berkualitas, melihat kualitas teknologi informasi dan komputer yang
dituntut semakin baik setiap saatnya.
Kehadiran teknologi informasi mulai disadari dapat
menghadirkan berbagai solusi yang dapat membantu proses bisnis yang ada dan
mengoptimalakan efisiensi solusi yang dapat membantu proses bisnis berbasis
teknologi informasi. Perkembangan teknologi informasi telah berkembang luar
biasa hebatnya baik dari sisi perangkat keras, perangkat lunak atau sumber daya
manusia yang mendayagunakannya.
Kemujuan
teknologi informasi dalam mengembangkan bisnis di dunia informatika tidak
terlepas dari internet yang tidak mengenal adanya batas jarak, ruang maupun
waktu. Ketika menggunakan internet maka
kita dapat mencari informasi kapan saja dan dimana pun kita berada. Maka dari itu banyak orang (individu)
maupun perusahaan yang memanfaatkan internet sebagai ladang bisnis, dari
menjual jasa, penjualan dan pembelian produk bahkan pemasaran suatu produkn
perusahaan.
Ketika
kehadiran internet semakin pesat, hadir pula sebuah ruang yang disebut media sosial yang dapat
diguanakan sebagai media penjualan, promosi maupun membeli sebuah produk
melalui media sosial tersebut. Penggunan
media sosial yang semakin populer maka memunculkan bisnis yang berkembang
secara online. Munculnya smartphone membuat bisnis yang dulunya hanya secara
offline kini menggeliat secara online. Banyak pelaku bisnis yang juga
memanfaatkan perkembangan bisnis secara online karena mereka dapat menggunakan
teknologi sebagai salah satu media untuk berpromosi dengan biaya yang dapat diminimalkan atau
sebagai lahan bisnis itu sendiri. Dan salah satu masalah paling besar dalam
dunia bisnis adalah proses perizinan yang dapat memakan waktu yang lama serta
berbiaya mahal. Mungkin hal tersebut membuat bisnis secara online lebih
berkembang sekarang ini.
Komentar
Posting Komentar